Perawatan Ayam Bangkok Agar Menjadi Jawara

Saat ini perkembangan ayam aduan sepertiĀ  Ayam Bangkok di Indonesia sangat pesat, mulai di ajang kontes hingga arena sabung ayam. Semua memiliki penikmat nya masing-masing. Khusus untuk ajang sabung ayam, tentu saja hal itu memerlukan perawatan khusus untuk membuat ayam-ayam itu bisa bertarung dengan bagus. Untuk perawatan nya ini pun banyak terjadi perdebatan, karena setiap botoh biasanya akan memiliki trik tersendiri untuk membuat ayam nya menjadi lebih bagus.

Cara perawatan ayam aduan ini sendiri sangat berbeda dengan perawatan untuk ayam kontes, untuk ayam yang hendak di tarungkan biasanya sudah mulai dilakukan perawatan khusus ketika sang ayam masih berusia 1 bulan. Perawatan nya sendiri bisa dikatakan gampang-gampang susah karena beda usia tentu saja juga beda perawatan.

Untuk perawatan ayam yang masih berusia 1 bulan maka yang perlu anda lakukan adalah dengan memberikan nya makanan yang mengandung banyak vitamin dan juga vaksin yang teratur. Selain itu pada fase ini anda harus memberikan nya lampu tersendiri dengan daya 5 watt saja agar sang anak ayam tidak kedinginan ketika malam tiba. Anda bisa memberi nya makanan secara terus-menerus agar tulangan ayam anda bisa tumbuh dengan maksimal.

Setelah berusia 5 bulan, anda sudah bisa mengganti makanan ayam anda menjadi makanan yang kaya akan serat seperti beras merah serta jagung. Hal ini dilakukan untuk membentuk otot yang ada pada tubuh ayam anda agar tidak terlalu banyak lemak. Selain itu anda juga bisa mulai untuk memandikan nya ketika pagi hari lalu menjemur nya. Tapi yang harus ana ingat adalah anda tidak bisa memaksakan ayam anda untuk dijemur. Sebab bagi ayam yang masih muda biasanya dalam jangka 30 menit mereka sudah kelelahan.

Selain itu hal yang harus di ingat adalah anda harus selalu memperhatikan kebersihan kandan ayam anda. Jangan sampai ada kotoran yang menumpuk karena hal itu bisa menjadi jalur untuk berkembang nya penyakit. Jadi anda harus selalu membersihkan nya setiap hari. Selain itu anda bisa memberikan nya jamu ramuan buatan sendiri yang terdiri dari temulawak, gula aren,kuning telur serta vitamin yang bisa anda beli di toko ternak.

Ciri-ciri Ayam Bangkok Yang Masih Asli

Saat ini banyak sekali ayam aduan yang tersebar di Indonesia namun kebanyakan dari mereka sudah tidak asli, melainkan sudah bercampur dengan darah jenis ayam lain dan hal itu membuat gaya bertarung mereka pun juga berbeda. Berikut ini ciri ayam Thailand yang masih asli. Ayam jenis ini akan memiliki batok kepala serta tulangan yang besar, selain itu bulu ayam ini juga mengkilat dan sedikit kaku pada bagian ekor serta sayap.

Memiliki bentuk kepala yang menyerupai buah pinang, mata cekung sipit dan masuk sedikit ke dalam. Memiliki perawakan yang besar serta gagah. Ayam ini juga memiliki tulangan yang rapat pada bagian pangkal sayap. Jadi ketika anda berniat membeli ayam ini di pasaran anda harus memperhatikan ciri-ciri ayam tersebut terlebih dahulu. Jangan sampai anda salah beli ayam yang sudah bercampur dengan darah ayam lain.

Untuk lebih jelas nya anda harus menanyakan asal-usul ayam yang hendak anda beli. Selain itu akan lebih bagus jika anda membeli pada penjual ayam yang sudah anda kenal untuk menghindari penipuan. Demikian Artikel mengenai perawatan Ayam Bangkok untuk menjadi juara, semoga bermanfaat.