Tips Memilih Ayam Petarung Yang Bisa Menjadi Ayam Jawara

Saat ini cara memilih Ayam Petarung yang bagus memang menjadi bagian dari para penghobi ayam, banyak artikel maupun surat kabar lain nya yang saat ini menampilkan cara-cara memilih ayam yang bagus. Namun anda sebagai pemilik ayam aduan tentu harus pintar-pintar memilih cara memilih ayam yang bagus untuk anda, sebab jika tidak maka anda akan mendapat ayam yang kurang bagus. Dan kali ini kami ingin menampilkan tips memilih ayam aduan yang bisa menjadi ayam jawara.

Hal utama yang kita ambil dari ayam aduan adalah bertarung nya, stamina, mental serta kecepatan sang ayam. Ketika memilih ayam yang perlu diperhatikan terlebih dahulu adalah indukan ayam yang akan anda beli, sebab gen serta gaya bertarung ayam anda nanti akan menurun dari indukan nya. Jika indukan nya bagus maka kemungkinan besar dengan perawatan yang tepat anakan nya juga akan bagus. Maka sangat perlu anda mengetahui asal muasal ayam yang akan anda beli.

Berikut nya anda bisa melihat nya dari segi fisik seperti tulangan, kaki, leher maupun kepala sang ayam. Ayam yang bagus akan memiliki tulangan yang besar dan terlihat kuat, leher yang juga besar dan panjang, kaki yang panjang dengan sisik yang kering serta kepala yang menyerupai buah pinang. Ayam dengan ciri tersebut diyakini memiliki gaya bertarung yang cepat serta pukulan yang keras. Usahakan memilih ayam yang memiliki warna paruh dan kaki yang sama atau nama lain nya ‘tembus’.

Namun untuk lebih jelas nya anda bisa mencoba menarungkan ayam yang akan anda beli terlebih dahulu, dengan begitu anda bisa menilai apakah ayam tersebut memiliki gaya bertarung yang bagus atau tidak. Namun kebanyakan para penjual ayam aduan tidak membolehkan melakukan abar, jika memang boleh tentu anda harus membeli nya terlebih dahulu jadi lebih baik perhatikan ciri-ciri nya terlebih dahulu sebelum membeli nya.

Tips Memilih Babon Ayam Petarung Yang Bagus

Memilih babon ayam yang bagus juga tidak boleh sembarangan, ada ciri-ciri khusus yang dimiliki oleh ayam ini sehingga menghasilkan anakan yang berkualitas pula. Ciri utama yang harus dimiliki babon yang bagus adalah bagian kepala. Ayam ini akan memiliki kepala yang menyerupai kepala ular, selain itu posisi mata ayam ini juga cekung. Maksud nya posisi mata akan sedikit menjorok ke dalam. Selain itu ayam betina yang bagus pun juga akan memiliki bentuk kaki yang bundar serta memiliki sisik kaki yang kering dengan bentuk yang teratur.

Dari segi badan, ayam babon yang bagus akan berbentuk seperti botol. Ketika anda memegang ayam ini akan terasa bulat dan tidak terlalu besar, keunggulan ayam dengan ciri ini akan memiliki telur yang lebih banyak dari babon lain nya.

Jenis-Jenis Babon Ayam Petarung

Pertama adalah babon unggulan, ayam ini dikatakan babon unggulan karena kedua induk nya merupakan ayam yang masih murni. Sebut saja babon ini memiliki pejantan ayam bangkok ori dan juga babon bangkok ori. Jadi juga bisa dikatakan ayam ini masih murni, jadi ketika babon ini dikawinkan dengan penjantan yang kurang bagus maka anakan nya akan menuruni gen dari induk nya.

Kedua adalah babon cetak, babon jenis ini akan menghasilkan anakan yang sangat menyerupai penjantan nya. Demikian artikel mengenai tips memilih Ayam Petarung yang bagus, semoga artikel ini bermanfaat.